Press "Enter" to skip to content

Wahai Kaum Nahdliyin, Simak Imbauan Kyai Khos NU Soal Virus Corona

Laporan Reporter Syamsul Ashar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Penyebaran virus corona covid-19 yang terus bertambah di Indonesia, menjadi keprihatinan seluruh masyarakat.

Karenanya tokoh agama terus mengintensifkan imbauan kepada seluruh umat untuk menaati peringatan dan imbauan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah baik pusat dan daerah untuk mengurangi penyebaran virus corona covid-19. 

“Cukup berada di rumah kecuali ada kondisi mendesak. Mari kerja dan belajar dari rumah, untuk menghindari adwa penyebaran wabah corona ini,” Ketua Umum Pengurus Besar Nahdatul Ulama, Said Aqil Siradj, Senin (23/3/2020) melalui akun instagramnya.

Said Aqil mengajak semua warga masyarakat khususnya kaum nahdliyin agar menjaga pola hidup sehat. Selain itu masyarakat harus menjaga asupan makanan yang sehat, agar tidak mudah terserang dan terinfeksi virus corona Covid-19.

Baca: UPDATE Kasus Corona di Indonesia: Naik Jadi 579 Kasus, 49 Meninggal, 30 Sembuh

“Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun yang bersih. Mengurangi mobilitas, social distancing dan hindari kerumunan dan keramaian massa,” pesan Said.

Pendapat Kyai Mustofa Bisri

Keprihatinan dan imbauan senada menghadapi penyebaran virus corona covid-19 ini juga disampaikan kyai sepuh Nahdatul Ulama Ahmad Mustofa Bisri.

Kyai yang juga sesepuh NU yang akrab di sapa Gus Mus ini melalui akun instagramnya menguraikan, saat ini semua bangsa Indonesia dan warga dunia pada umumnya, sedang mengalami musibah dengan munculnya virus corona (Covid-19). 

“Virus ini seolah-olah diutus Allah untuk mengingatkan umat manusia yang selama ini lupa dan dibuat lupa oleh pesona dunia dan fanatisme golongan,”kata Gus Mus.

Baca: Hati-hati, Klorokuin Itu Obat Penyembuhan, Bukan untuk Pencegahan Corona