Press "Enter" to skip to content

Terkini Profil: Rodrigo Alborno Calon Pengganti Esteban Cambiasso

Gelandang sarat talenta Paraguay Rodrigo Alborno balasannya resmi diperkenalkan sebagai pemain gres Inter sesudah ia menginjak usia 18 tahun pekan lalu.

Sejak Maret lalu, Alborno memang menjadi buruan klub juara dunia dan I Nerazzurri gres saja mengumumkan transfer pemain Libertad dengan kontrak berdurasi sampai animo panas 2016.

Pemain kidal serba bisa tersebut mencuri perhatian dunia ketika menjadi satu-satunya pemain berusia 16 tahun yang masuk dalam skuad Paraguay U-20 dan mencetak gol penalti ke gawang Uruguay. Secara teori, Alborno bisa memperkuat Azzurri alasannya yaitu memegang paspor Italia. Dokumen ini pula yang memfasilitasi kepindahannya ke Inter mengikuti jejak Carlos Gamarra – pemain dengan rekor paling banyak memperkuat Paraguay yang juga pernah berkostum Hitam-Biru.
STATISTIK | Rodrigo Alborno (Inter & Paraguay)

Usia: 18

Kaki aktif: Kiri
Posisi: Gelandang tengah

Nilai: €800,000

Keunggulan: Skill, ketenangan, kecepatan
Tinggi Klub Berat
Kelahiran
Klub asal
1.83m Inter 73kg Asuncion Libertad

Dilahirkan di Asuncion 1993, Alborno kecil bermain bagi Atlantida Sports Club. Meski tim itu bermain di divisi empat sepakbola Paraguay, mereka sering melahirkan pemain ternama ibarat Paulo Da Silva dan Victor ‘Topo’ Caceres.

Alborno melaksanakan debutnya bagi Libertad pada Januari tahun kemudian dan mencetak satu gol dari sepuluh tabrak di ajang Apertura 2010. Pemain yang mempunyai tinggi tubuh 183cm tersebut bolos di Sudamericano 2011 (Kejuaraan Amerika Selatan U-20) dan hanya beraksi di tiga pertandingan Apertura 2011 bersama Libertad alasannya yaitu mengalami cedera. Meski belakangan jarang bermain, Inter sama sekali tidak menyurutkan minat mendatangkannya ke Giuseppe Meazza.

Alborno muda pernah menyandang predikat sebagai ‘Cristiano Ronaldo Amerika Selatan.’ Tetapi perbandingan tersebut keliru, ia memang dianugerahi talenta individu yang menawan, namun lebih sempurna kalau disebut sebagai gelandang serba bisa. Alborno mempunyai kecakapan memenangkan duel sama baiknya ketika membuka peluang. Dengan usia muda, ketenangannya ketika menguasai bola layak diacungi jempol, belum lagi kemampuannya mengejutkan lawan dengan kecepatan tinggi.

Target utama Alborno kini ini yaitu mengembalikan kondisi puncak secepat mungkin sampai secara fisik ia bisa memenuhi syarat untuk bersaing di Serie A dan Eropa. Berharap Alborno bermain di tim inti Inter di animo 2011/12 tampaknya terlalu cepat. Seperti halnya Ricardo Alvarez yang didatangkan dengan cita-cita sebagai pengganti Dejan Stankovic tidak muda lagi, Alborno bisa disebut sebagai pengganti jangka panjang bagi gelandang Argentina Esteban Cambiasso, yang gres saja berusia 31.

Dengan menyiapkan pemain ibarat Alborno di skuad muda dan mengumpulkan pemain berbakat lainnya ibarat Coutinho, Joel Chukwuma Obi, Samuele Longo, Lorenzo Crisetig, Luc Castaignos dan Marco Davide Faraoni, masa depan Inter terbilang cukup menjanjikan.