Press "Enter" to skip to content

Terkini Pray For Muamba

 Insiden kolapsnya Fabrice Muamba eksklusif mengundang reaksi simpati  dari banyak sekali kalang Terkini Pray For Muamba 

London – Insiden kolapsnya Fabrice Muamba eksklusif mengundang reaksi simpati dari banyak sekali kalangan termasuk sesama pesepakbola Inggris. “Pray For Muamba” pun ramai dikicaukan di social media.

Pada pertandingan perempatfinal Piala FA di White Hart Lane, Sabtu (17/3/2012), Muamba terjatuh dan tak sadarkan diri di lapangan lima menit menjelang selesai babak pertama.

Menurut sebuah laporan, bek Bolton Wanderers itu jatuh cukup jauh dari pemain-pemain lain. Tapi begitu disadari, terlihat bahwa betapa seriusnya situasi pada pemain berusia 23 tahun itu. Dugaan pertama, Muamba terkena serangan jantung.

Para pemain kedua tim terlihat stress berat ketika Muamba ditangani tim medis. Di antara mereka ada yang memegang kepala, menutup muka, bahkan Jermain Defoe hingga menangis. Di pinggir lapangan, Sanli Tuncay tampak berdoa dengan serius untuk rekan setimnya.

Ketika staf medis (dari kedua tim) datang, wajah Muamba mengarah ke tanah. Tubuhnya kemudian dibalikkan, dan beberapa detik kemudian petugas memberinya tunjangan pernafasan. Alat kejut jantung kabarnya sempat difungsikan dua kali, alasannya ialah Muamba konon tidak bernafas.

Sementara itu seisi stadion hening, semua penonton terdiam, menunggu Muamba siuman, berharap tidak ada hal yang lebih jelek pada pemain kelahiran Zaire itu. Beberapa penonton terlihat menangis. Sesekali mereka menyanyikan nama Muamba, baik suporter Tottenham maupun Bolton.

Sekitar 10 menit dirawat di lapangan, petugas menandu Muamba ke luar lapangan, masih dalam keadaan tak sadar. Manajer Owen Coyle dan kapten Kevin Davies menemani Muamba ke ambulans sebelum dibawa ke rumah sakit terdekat.

Suasana masih “mencekam”. Wasit Howard Webb kemudian berdiskusi dengan kapten dan manajer kedua kesebelasan, dan kemudian tetapkan menghentikan pertandingan.

Penonton mereaksi pengumuman itu dengan bertepuk tangan, memberi aplus untuk Muamba. Sekali lagi mereka menyanyikan nama bek tengah yang pernah memperkuat Arsenal dan Birmingham City itu.

Di dunia twitter, #PrayForMuamba digemakan. Banyak pemain bola Inggris menuliskan dukungan moral dan doa untuk Muamba.

Berikut ini petikan beberapa di antaranya:

Robin van Persie (Arsenal):
“I’m so sad about what happened to Fabrice Muamba today. Played with him for a couple of years. What a great guy. Always a smile on his face. Please Fabrice bring that smile back. My thoughts are with you and your lovely family!”

Ali Al-Habsi (Wigan, eks kiper Bolton):
“All our hearts with Fabrice Muamba, one of my closest friends at Bolton. I am shocked, wishing him a fast recovery.”

Kyle Walker (Tottenham Hotspur)
“Doesn’t matter who you support. Doesn’t matter if you aren’t a football fan. Doesn’t matter if you aren’t religious. Pray for Fabrice Muamba.”

Tim Cahill (Everton)
“This is now a day when football across the World comes together to pray for Muamba. puts everything into perspective. #prayforMuamba”

FA:
“Our thoughts and prayers are with Fabrice Muamba and his family right now. A wonderful person.”

Wayne Rooney (Manchester United):
“Hope fabrice muamba is ok. Praying for him and his family. Still in shock.”

Jermain Defoe (Tottenham Hotspur):
“Pray for fab god willing he will pull through #PrayForMuamba” 

Come on Fabrice Muamba, berdoa untukmu.” – Rio Ferdinand.

“Menyedihkan apa yang terjadi dengan Muamba di tengah pertandingan. Kami semua berdoa untuknya.” – Rafael van der Vaart yang terlihat sangat terkejut di lapangan.

“Muamba, aku berdoa untukmu!” – David Luiz.

“Turut prihatin atas apa yang menimpa keluarga Fabrice Muamba. Kami semua berdoa untuknya dan supaya segera pulih.” – Emmanuel Adebayor.
“Semoga Fabrice Muamba baik-baik saja. Turut berduka untuknya, keluarga dan teman-teman. #PrayForMuamba.” – Thomas Vermaelen.

“Tak sabar menunggu kabar baik dari Bolton. Come on Fabrice Muamba!! Terlalu muda untuk meninggal, kawan!! – Vincent Kompany.

 Insiden kolapsnya Fabrice Muamba eksklusif mengundang reaksi simpati  dari banyak sekali kalang Terkini Pray For Muamba
Para medis memberi tunjangan pada Muamba yang pingsan di menit ke 42 ketika berkelahi perempat final Piala FA antara Tottenham Hotspurs vs Bolton Wandaeres, Minggu (18/3/2012) WIB.

Update: Meski perwakilan rumah sakit sempat mengeluarkan pernyataan bahwa Fabrice Muamba berada dalam kondisi stabil, Bolton Wanderers justru menyebut gelandang Inggris masih kritis.

Muamba kolaps di lapangan ketika Bolton melakoni berkelahi semi-final Piala FA menghadapi Tottenham Hotspur. Selama sepuluh menit, staf medis berupaya keras mengembalikan pernapasan Muamba sebelum balasannya melarikan pemain 23 tahun ke rumah sakit.

Pertandingan sendiri balasannya ditangguhkan sesudah berjalan 41 menit.
Sebelumnya, salah seorang perwakilan rumah sakit sempat menyatakan bahwa kondisi Muamba sudah stabil. Namun, pernyataan terbaru dari pihak Bolton justru mengindikasikan sebaliknya.

“Bolton Wanderers mengonfirmasi bahwa Fabrice Muamba dilarikan ke sentra perawatan penyakit jantung di rumah sakit London Chest di mana ketika ini kondisinya masih kritis di perawatan intensif,” demikian dilansir situs resmi klub.

“Belum ada warta lain yang dapat dikeluarkan oleh klub ketika ini. Bolton juga meminta media untuk menghormati privasi keluarga Muamba ketika ini.”