Press "Enter" to skip to content

Terkini Milan Derby: Sepatu Mana Lebih Tajam?

Daya tarik Derby Della Madonnina telah merambah ke semua lini. Tak hanya persaingan di kualitas pemain dan nama besar klub, namun sudah merambah ke urusan bisnis. Buktinya, dua apparel kenamaan dunia, Nike dan adidas bersaing ketat di derby yang selalu menyita perhatian seluruh dunia tersebut.

Dari 54 pemain yang berkostum AC Milan dan Inter Milan, 44 nama di antaranya menggunakan sepatu produksi Nike dan Adidas. Itu artinya 81 persen pemain yang terdaftar di Derby Della Madonnina demam isu ini, menggunakan apparel asal AS dan Jerman tersebut.

Terkait persaingan Nike dan adidas, ternyata muncul fenomena yang menarik. Keduanya bersaing ketat dalam hal jumlah pemakai. Menariknya, terjadi hal yang bertolak belakang antara produsen jersey dengan sepatu yang digunakan para pemainnya.

Pemain Milan yang berkostum adidas lebih banyak menggunakan sepatu buatan Nike. Ada 11 pemain yang menggunakan produk adidas, dan 12 pemain menggunakan produk Nike. Vice versa dengan Inter yang disponsori Nike. Sepatu adidas lebih mendominasi dengan digunakan 12 pemain berbanding 10 pemain yang menggunakan sepatu Nike.

Berbicara soal catatan gol, Nike pantas jemawa. Pasalnya, menurut penelusuran SOCCER , pemain yang menggunakan sepatu Nike telah mencetak 17 gol dalam bentrokan Derby della Madonnina lima tahun terakhir. Jauh meninggalkan adidas yang hanya menyumbang delapan gol.

Soal varian, adidas Predator boleh mendominasi sepatu yang digunakan penggawa AC Milan dan Inter Milan. Tapi jikalau melihat soal bantuan gol, adidas Predator bukanlah tandingan Nike Mercurial Vapor VIII. Hingga Serie-A 2012-13 memasuki giornata ke-6, secara umum dikuasai gol Milan dan Inter dibentuk oleh pemain yang menggunakan Nike Mercurial Vapor VIII.

Di I Rossoneri ada Stephan El Shaarawy yang sejauh ini sudah mencetak empat gol. Tiga gol dibentuk El Shaarawy kala menggunakan varian terbaru Mercurial Vapor VIII dengan warna biru-oranye. Sedangkan satu gol lainnya dikala menggunakan Mercurial Vapor VIII berwarna merah muda. Sementara Inter diwakili oleh Philippe Coutinho dan Wesley Sneijder yang masing-masing sudah mempersembahkan satu gol.

Tak hanya urusan gol. Kontribusi assists adidas Predator juga kalah dari “saudaranya”, adidas F50 Adizero. Hingga kini, adidas F50 Adizero sudah mengoleksi tiga assists, ialah lewat kaki Diego Milito (dua assists) dan Antonio Nocerino. Sementara itu, adidas Predator gres menyumbang dua assists lewat kaki Walter Gargano dan Riccardo Montolivo. (Hilman/hanif)