Press "Enter" to skip to content

Terkini Mana Momen Terbaik Di Perempat-Final Euro 2012?

  Spanyol dan Italia alhasil sukses melewati hadangan lawan Terkini Mana Momen Terbaik Di Perempat-Final Euro 2012? 

Euro 2012 memasuki babak baru. Empat tim terbaik: Portugal, Jerman, Spanyol dan Italia alhasil sukses melewati hadangan lawan-lawan mereka di perempat-final.

Merebut tiket semi-final terang bukan kasus mudah, banyak usaha yang dilakukan keempat tim tersebut di babak sebelumnya sampai alhasil berbuah manis. Salah satu momen yang menjadi perbincangan banyak kalangan ialah penalti sensasional Andrea Pirlo yang dianggap sukses menciptakan mental Joe Hart dan Inggris runtuh. 

Berikut GOAL.com merangkum empat momen Istimewa dari laga-laga perempat-final Euro 2012 yang digelar beberapa waktu lalu.

1. Republik Ceko 0-1 Portugal
  Spanyol dan Italia alhasil sukses melewati hadangan lawan Terkini Mana Momen Terbaik Di Perempat-Final Euro 2012?
Cristiano Ronaldo | Pahlawan Portugal

Tak banyak yang menjagokan Republik Ceko dan Portugal bisa melaju sampai ke perempat-final. Seleccao misalnya, sempat berada di posisi terjepit alasannya berada satu grup dengan dua kandidat juara, Jerman dan Belanda. Tapi, skuat besutan Paulo Bento alhasil keluar dari lubang jarum sehabis menaklukkan the Oranje di partai penutup.

Lolos sebagai runner-up Grup B, Portugal ditantang Republik Ceko yang secara mengejutkan finis di posisi teratas Grup A. Portugal yang di atas angin berkat kemenangan atas Belanda, terus menggempur pertahanan Ceko demi mencetak gol cepat. Namun, Cristiano Ronaldo lagi-lagi gagal memaksimalkan sejumlah kans yang didapatnya.

Beruntung bintang Real Madrid itu tak pantang menyerah. CR7 alhasil bisa memanfaatkan sebuah momen emas di menit 79 untuk memanfaatkan umpan matang Joao Moutinho. Sukses membobol gawang Petr Cech, Ronaldo mengekspresikan kegembiraannya dengan menyambangi kamera TV.

Sekali lagi, eks Manchester United ini menjadi pendekar Seleccao di Polandia dan Ukraina sehingga banyak pihak yang menganggap Ronaldo kandidat besar lengan berkuasa Ballon d’Or tahun ini.

2. Jerman 4-2 Yunani
  Spanyol dan Italia alhasil sukses melewati hadangan lawan Terkini Mana Momen Terbaik Di Perempat-Final Euro 2012?
Sami Khedria | Membangunkan mental Der Panzer

Melihat rekor tepat di penyisihan grup serta skuat yang memadai, Jerman digadang-gadang akan dengan gampang menaklukkan tim kejutan lainnya, Yunani. Tapi, kenyataan di lapangan berkata lain.

Joachim Low melaksanakan perombakan dalam susunan pemain dengan tidak menurunkan Lukas Podolski, Thomas Muller dan top skor tim Mario Gomez. Adalah Andre Schurle, Marco Reus dan Miroslav Klose yang mengisi posisi starter pada laga yang digelar di Gdansk tersebut.

Menguasai lapangan semenjak peluit kick-off dibunyikan, Der Panzer terhalang rapatnya barisan belakang Yunani yang bertahan total. Hampir saja skuat asuhan Joachim Low ini frustrasi untuk mencari celah sampai alhasil sang kapten Philipp Lahm memecah kebuntuan berkat sepakan jarak jauh di lima menit jelang jeda.

Namun, Lahm cs kembali tertekan ketika Gergios Samaras berhasil mencuri gol untuk membuka asa Negeri Seribu Dewa hanya lima menit pasca turun minum. Sempat gugup dengan skor yang kembali imbang, sepakan indah Sami Khedira sukses mencairkan ketegangan Der Panzer yang alhasil mengunci kemenangan dengan skor tamat 4-2.

3. Spanyol 2-0 Prancis
  Spanyol dan Italia alhasil sukses melewati hadangan lawan Terkini Mana Momen Terbaik Di Perempat-Final Euro 2012?
Xabi Alonso | Kado cantik di perayaan 100 penampilan bersama Spanyol

Terlepas dari pertaruhan gengsi dan harga diri di perempat-final antara Spanyol dan Prancis, pertandingan kali ini menjadi lebih Istimewa bagi gelandang bertahan Xabi Alonso. Ya, mantan pemain Liverpool itu melakoni laga ke-100-nya bersama La Furia Roja dan mengusung sasaran tinggi membawa tim mengeliminasi Les Bleus.

Misi Alonso berjalan lancar. Meski Vicente Del Bosque kembali menurunkan gugusan dengan ‘striker palsu’, sang juara bertahan sukses menyingkirkan Prancis — yang dikabarkan kembali mengalami keretakan di ruang ganti — berkat kemenangan 2-0.

Uniknya, Alonso menjadi bintang di laga tersebut berkat sepasang golnya yang berhasil menjebol gawang Hugo Lloris. Sebuah kado cantik di perayaan caps ke-100 milik gelandang Real Madrid tersebut.

4. Inggris 0-0 Italia (2-4 pen.)
  Spanyol dan Italia alhasil sukses melewati hadangan lawan Terkini Mana Momen Terbaik Di Perempat-Final Euro 2012?
Andrea Pirlo | Penalti sensasional yang meruntuhkan mental Joe Hart

Situs jejaring sosial twitter kembali menjadi wadah untuk menampung kekaguman banyak orang — fans dan bintang sepakbola — terhadap gelandang veteran Italia Andrea Pirlo. Apa penyebabnya?

Mantan bintang AC Milan yang sekarang berkostum Juventus itu diklaim sebagai biang utama yang meruntuhkan mental kiper Inggris Joe Hart dalam drama laga penalti, Minggu (24/6) malam waktu setempat. Pertandingan harus dilanjutkan sampai ke drama laga penalti alasannya meski mendominasi sepanjang laga, Gli Azzurri gagal mencuri gol sampai babak perpanjangan waktu.

Italia sempat di ujung tanduk ketika tertinggal 2-1, sehabis sepakan Riccardo Montolivo melenceng ke sisi kanan gawang Hart, dan Pirlo-lah yang berhasil membalikkan keadaan.

Melihat kiper Manchester City yang begitu percaya diri di bawah mistar, pemain 33 tahun itu justru sukses mempecundangi Hart seketika. Ya, Pirlo melaksanakan penalti berkelas — dan tidak biasa — dengan men-chip bola sampai melambung ke atas Hart, yang gagal menghentikan laju si kulit bundar.

Penalti sensasional yang pernah dipopulerkan Antonin Panenka di Piala Eropa 1976 ini sepertinya menciptakan nyali dua penendang The Three Lions berikutnya, Ashley Young dan Ahley Cole, ciut sampai gagal menambah skor. Gli Azzurri pun melengkapi kuota semi-final sehabis Alessandro Diamanti dengan mulus menaklukkan Hart.