Press "Enter" to skip to content

Terkini Logo Dan Maskot Resmi Euro 2012

Logo EURO 2012 terdiri dari :

  1. Berbentuk bunga mekar dengan dua daun
  2. Kedua daun yang melekat di batang berwarna merah-putih dan biru-kuning. Ini menggambarkan warna bendera masing-masing tuan rumah
  3. Bunga yang mekar menggambarkan emosi dan gairah kompetisi
  4. Batang menunjukkan aspek struktural kompetisi UEFA dan sepakbola Eropa
  5. Ukraina dan Polandia akan menjadi tuan rumah bersama bagi EURO 2012 yang merupakan even yang pertama kali digelar di Eropa Timur. EURO 2012 mengambil tema ‘Membuat Sejarah Bersama-sama’
  6. Logo terdiri dari beberapa elemen grafis. Bunga yang bermekaran di kedua sisi merupakan representasi kedua negara tuan rumah. Representasi tersebut ditekankan melalui penggunaan warna bendera kedua negara. Elemen grafis bunga dan bola menampilkan simbol insan yang  menggambarkan aspek humanisme turnamen, kegembiraan, perayaan, sportivitas, gegap gempita.

MASKOT EURO 2012

Jangan heran saat Piala Eropa 2012 nanti akan ada dua sosok mahluk imajinatif. Mereka yaitu Slavek dan Slavko. Kedua sosok itulah maskot Piala Eropa 2012 yang digelar di dua negara, Polandia dan Ukraina.

Uni Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) bersama pihak panitia penyelenggara memilih Slavek dan Slavko resm sebagai sebagai maskot Euro 2012. Slavek dan Slavko diputuskan sebagai maskot dari Piala Eropa 2012 Polandia-Ukraina sesudah menjadi pemenang dalam voting yang dilakukan oleh UEFA dari tanggal 16 November sampai 3 Desember 2011 tersebut. Sebelumnya, UEFA menyiapkan tiga nama, yaitu Slavek-Slavko, Siemko-Strimko, dan Klemek-Ladko. Nama-nama ini terinpirasi dari nama keluarga yang menonjol di Polandia-Ukraina. Slavek-Slavko berhak mewakili Piala Eropa 2012 alasannya yaitu dipilih 56 persen dari 39.233 yang mengikuti voting. Sedangkan Siemko-Strimko hanya meraih 29% suara, dan Klemek-Ladko 15% suara.

Slavek merupakan maskot yang mewakili Polandia. Hal ini terlihat dari kostum yang ia pakai yaitu seragam timnas Polandia (putih-merah). Sementara Slavko merupakan maskot yang mewakili Ukraina dengan seragam timnas Ukraina (kuning-biru). Tak hanya seragam, warna rambut mereka pundisesuaikan dengan warna dari bendera kedua negara.

Lantas, siapa yang mendesain kedua maskot ini? tak lain yaitu Warner Bros. Perusahaan asal Amerika Serikat ini sudah menjadi desainer untuk maskot Piala Eropa empat kali berturut-turut (termasuk Slavek dan Slavko). Slavek dan Slavko karenanya resmi menggantikan tugas dari Trix dan Flix, maskot kembar yang mewakili Piala Eropa 2008 Austria-Swiss.

Official Trailer Maskot Euro 2012 – Slavek dan Slavko