Press "Enter" to skip to content

Terkini Hamstring Yang Tak Selucu Hamster

Rodrigo Palacio
Cedera Rodrigo Palacio sehabis membawa Inter memenangi langgar tunda melawan Sampdoria awal April ini benar-benar menciptakan La Beneamata terpukul. Hal itu dipeburuk dengan cederanya Antonio Cassano, dalam langgar melawan Atalanta. Tes yang dilakukan oleh tim medis Inter mengatakan bahwa Palacio dan Cassano terkena cedera hamstring tingkat dua. Kata “Cedera Hamstring” bagi para penggila bola mungkin tak abnormal lagi. Hamstring memang merupakan cedera yang sering dialami oleh para pemain sepakbola. Terutama bagi mereka yang mengandalkan kecepatan dan melaksanakan berakselerasi secara intens.

Hamstring itu apa sih?
 
Otot hamstring (paha) merupakan kumpulan tiga otot yang memanjang mulai dari pinggul hingga lutut. Dengan otot-otot itu, kita sanggup meluruskan kaki atau menekukkan otot. Celakanya, ketika otot-otot hamstring meregang melebihi batas, akan menyebabkan cedera.
Otot-otot Kaki

Cedera hamstring biasanya ditandai dengan nyeri di paha bab belakang secara tiba-tiba ketika beraktivitas. Otot terasa robek dan putus, area sakit terasa bengkak, lebam dan berwarna biru, otot melemah hingga kaki tak sanggup lagi digunakan.

Cedera ini biasanya terjadi alasannya melaksanakan gerakan yang cepat dan tiba-tiba, menyerupai berlari, melompat, dan meregangkan kaki. Ketika terjadi hal-hal tadi, maka serabut otot hamstring mengalami peregangan berlebihan dan menyebabkan perdarahan dan memar.

Tingkat Cedera Hamstring
Dalam keterangan d atas, disebutkan Rodrigo Palacio dan Antonio Cassano mengalami cedera hamstring tingkat dua. Cedera hamstring pada umumnya dibagi menjadi tiga tingkatan.
 
Grade 1
Sensasi kram atau sesak dan sedikit perasaan nyeri ketika otot diregangkan atau berkontraksi. Cedera hamstring tingkat satu biasanya sembuh dengan cepat, biasanya pemain bola akan kembali bermain dalam seminggu hingga dua ahad ke depan.
 
Grade 2
Satu hingga dua otot-otot hamstring mengalami robek. Rasanya tentu saja akan sangat menyakitkan. Paha dan kaki Anda masih sanggup digerakkan, meski akan kehilangan sebagian tenaga. Cedera hamstring tingkat dua harus beristirahat antara empat hingga delapan minggu. 
Cedera Hamstring tingkat 3
 
Grade 3
Cedera hamstring grade 3 yakni cedera parah. Ada rasa terbakar atau nyeri menyerupai tertusuk pada otot dan atlet tidak sanggup berjalan tanpa rasa sakit. Otot benar-benar robek dan ada kemungkinan  benjolan besar di jaringan otot yang robek. Tingkat tiga cedera hamstring mempunyai waktu pemulihan lebih usang lagi, perlu lebih dari delapan ahad untuk penyembuhan dan paling tidak empat bulan istirahat untuk kembali ke keadaan semula.

Jika sudah mengalami itu, yang Anda butuhkan selain pengobatan yakni istirahat yang memakan waktu berbulan-bulan. Tak heran jikalau seorang pemain bola yang mengalami cedera hamstring parah harus rela duduk di kursi cadangan dan kehilangan kesempatan bermain.

Penanganan dan pencegahan

FIFA sendiri menganjurkan protokol P-R-I-C-E ketika seorang pemain tiba-tiba terkena cedera hamstring 
P – Protection; melindungi bab yang cedera
R – Rest; mengistirahatkan bab yang cedera
I – Ice; gunakan es, untuk mengurangi nyeri dan inflamasi.
C – Compression; Menekan bab yang cedera untuk mengurangi pembengkakan
E – Elevation; meninggikan bab yang cedera lebih tinggi dari letak jantung untuk mengurangi pembengkakan
 
Metode PRICE dipakai untuk mengurangi perdarahan dan kerusakan dalam jaringan otot. Cedera tingkat pertama sanggup dengan gampang menjadi jelek jikalau otot hamstring tersebut tidak diistirahatkan dengan baik. Untuk cedera hamstring grade pertama, paha belakang harus beristirahat dari kegiatan olahraga selama kurang lebih 3 minggu, dan kelas dua luka biasanya membutuhkan 4 hingga 6 ahad untuk pemulihan. Otot hamstring yang pecah membutuhkan pembedahan dan rehabilitasi selama kurang lebih 3 bulan.
 
Pengobatan awal cedera, lepas dari tingkat keparahan cedera, yakni sama. Dalam lima hari pertama, otot hamstring yang diistirahatkan di posisi yang ditinggikan dengan kompres es selama dua puluh menit setiap dua jam. Kompresi perban dilakukan untuk membatasi pendarahan dan pembengkakan jaringan otot. Setelah lima hari istirahat, rehabilitasi aktif sanggup dimulai.
 
Meski demikian, cedera otot hamstring sanggup dicegah dengan meluangkan waktu untuk melaksanakan pemanasan. Cukup 10 hingga 15 menit sebelum latihan inti untuk melenturkan otot-otot.
 
sumber