Press "Enter" to skip to content

Terkini Gelar Juara Tegaskan Dominasi Spanyol

 karenanya diserahterimakan dari Michel Platini ke Iker Casillas Terkini Gelar Juara Tegaskan Dominasi Spanyol

 
Trofi juara Euro 2012 karenanya diserahterimakan dari Michel Platini ke Iker Casillas.

Ya, kapten Real Madrid itu menjadi orang pertama yang mengangkat trofi juara sehabis berhasil membawa Spanyol menjadi yang terbaik di ‘Benua Biru’.

Di babak final di Kiev, Ukraina, Senin (2/7) dinihari tadi WIB, Spanyol menundukkan Italia dengan skor 4-0. David Silva, Jordi Alba, Fernando Torres dan Juan Mata bergantian melesakkan bola ke gawang Gianluigi Buffon dengan cara mereka sendiri.

Kemenangan dengan skor besar sudah menegaskan kualitas Spanyol, yang untuk sementara ini, jauh lebih baik dari Italia dan tim lain yang ada di Eropa.

Dan dilihat dari catatan statistik UEFA, semakin kasatmata bahwa Spanyol memang layak dinobatkan sebagai yang terbaik di turnamen ini.

Dari jumlah gol, Spanyol menjadi tim dengan produktivitas terbaik. 12 gol dilesakkan skuat asuhan Vicente Del Bosque, dengan Fernando Torres yang paling banyak menyumbangkan gol dengan tiga bola.

Rata-rata jumlah gol Spanyol hanya bisa disaingi Jerman, yang sampai laga kelima berhasil melesakkan sepuluh gol. Jerman dan Spanyol sama-sama mengoleksi rata-rata dua gol.

DOMINASI SPANYOL

 karenanya diserahterimakan dari Michel Platini ke Iker Casillas Terkini Gelar Juara Tegaskan Dominasi Spanyol

Untuk gol kemasukan, gawang Iker Casillas juga menjadi gawang yang paling jarang dijebol lawan. Dari enam laga, terlepas dari agresi tabrak penalti, hanya sekali Casillas harus mengambil bola dari gawangnya, yaitu ketika menghadapi Italia di laga pertama Grup C. Satu bola itu disarangkan Antonio Di Natale.

Dalam urusan umpan mengumpan, Spanyol yaitu rajanya. Strategi Tiki Taka memperlihatkan bantuan penting untuk menimbulkan Spanyol sebagai tim dengan jumlah umpan terbanyak, yaitu dengan 4893 umpan, dengan rata-rata umpan sukses mencapai 80 persen, atau sekitar 3915 umpan. Italia dan Jerman menempati daerah kedua dan ketiga.

Demikian juga dalam hal penguasaan bola. Total dari enam laga, selama 201 menit bola bergulir di antara pemain Spanyol. Rata-rata pemain asuhan Del Bosque menguasai 34 menit di setiap laganya, atau 59 persen saban pertandingan.

Rata-rata penguasaan bola tidak lebih baik dari Jerman, yang bisa menahan bola selama 35 menit di setiap laganya. Tapi dalam hal prosentase, Spanyol masih lebih baik.

Pemain Spanyol juga paling sering dilanggar. Setidaknya sebanyak 102 pelanggaran dilakukan terhadap pemain Spanyol, atau setidaknya 17 pelanggaran di setiap laga. Jumlah tersebut mengungguli rekor pelanggaran terhadap pemain Italia, yang 97 kali didzolimi pemain lawan di enam laga mereka.

STATISTIK FERNANDO TORRES
 karenanya diserahterimakan dari Michel Platini ke Iker Casillas Terkini Gelar Juara Tegaskan Dominasi Spanyol
JUMLAH PENAMPILAN:
JUMLAH MENIT TAMPIL:
GOL:
ASSIST:
5
189 Menit
3
1
 RAPOR DI FINAL
4.0 Fernando Torres mencatat sejarah dengan menjadi pemain yang bisa mencetak gol di dua laga final Piala Eropa. Terlepas dari itu, penampilannya sungguh luar biasa meski hanya berperan sebagai pemain pengganti.

Keberadaan Fernando Torres di daftar puncak topskor Piala Eropa 2012 juga menegaskan dominasi Spanyol. Striker Chelsea itu mencetak tiga gol dan satu assists, yang menjadikannya sebagai pemain paling layak untuk menerima Sepatu Emas, mengungguli Alan Dzagoev, Mario Mandzukic, Mario Gomez, Mario Balotelli dan Cristiano Ronaldo, yang sama-sama mencetak tiga gol di Piala Eropa 2012.

Untuk urusan mengumpan, Xavi Hernandez dan Xabi Alonso menjadi pemain yang paling rajin melakukannya. Xavi 620 kali melaksanakan umpan, di mana 86 persen berhasil disambut rekan-rekannya, atau sekitar 531 umpan. Sementara Xabi Alonso 584 kali melaksanakan umpan dan 490 berhasil menyasar ke rekannya, sekitar 84 persen dari jumlah total umpan keseluruhannya.

David Silva juga termasuk sebagai pemain yang paling sering memperlihatkan assists yang berujung gol. Andrei Arshavin, Steven Gerrard dan Mesut Ozil yaitu ‘rekan sebangku’ David Silva dalam catatan mengumpan bola, yaitu dengan tiga assists.

Jika sudah begini, dengan segala dominasi yang mereka tunjukkan sepanjang turnamen, tampaknya menjadi hal yang lumrah menilai Spanyol pantas menjadi juara Piala Eropa 2012.

Selamat!