Press "Enter" to skip to content

Terkini Asal Mula Dan Kontroversi Istilah Derby D’italia

VIVAbola – Duel Juventus melawan Inter Milan bukanlah duel derby atau pertandingan dua tim sekota. Namun duel ini menerima sebutan Derby d’Italia atau Derby Italia. Persaingan panas antara kedua tim mengakibatkan laga ini hingga disebut “derby”.
Istilah Derby d’Italia pertama kali diperkenalkan oleh jurnalis Italia terkenal, Gianni Brera pada 1967. Istilah ini didasarkan pada persaingan sengit antara kedua tim bahkan atmosfirnya seakan-akan dengan derby.

Kontroversi sempat muncul pada sebutan hal ini. Sebelumnya kedua klub ini yaitu pengoleksi gelar Serie A terbanyak. Namun pada rentang 1994 hingga 2009 Scudetto AC Milan justru lebih banyak dari Inter.

Kontroversi lainnya yaitu terkait duel antara dua tim yang belum pernah terdegradasi. Ini hanya berlaku hingga tahun 2005. Sebab sekarang Inter menjadi satu-satunya tim Italia yang belum pernah terdegradasi semenjak Juventus turun kasta ke Serie B sehabis Calciopoli pada 2006.

Namun ternyata duel antara dua tim yang belum pernah terdegradasi bukanlah penyebab sebutan Derby d’Italia. Saat pertama kali istilah ini diperkenalkan pada 1967 ada 4 tim yang belum degradasi yakni Bologna, Inter Milan, Juventus, dan AC Milan. Bologna akibatnya
terdegradasi pada 1982, Juventus pada 2006, dan Milan pada 1980.

Jadi, istilah Derby d’Italia bukanlah mengenai dua tim tersukses atau tim yang belum pernah terdegradasi. Persaingan dan juga atmosfir yang seakan-akan dengan derby yaitu hal yang mengakibatkan muncul istilah ini.

Satu hal yang niscaya duel Derby d’Italia yang akan berlangsung Sabtu, 30 Maret 2013 nanti akan berjalan dengan seru. Kedua tim akan beradu gengsi untuk merebut 3 poin dalam duel di Giuseppe Meazza. (Wikipedia Italia)