Press "Enter" to skip to content

Indra Sjafri klaim pahami kekuatan timnas Jepang

Jakarta (ANTARA News) – Pelatih Timnas U-19 Indonesia, Indra Sjafri, mengklaim telah memahami kekuatan timnas Jepang yang bakal menjadi lawan anak asuhnya pada babak delapan besar Piala AFC 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (29/10).

“Semua informasi tentang Jepang kami sudah dapat dan kami akan antisipasi terhadap semua hal yang terjadi nanti,’ kata Indra Sjafri usai memimpin latihan di Lapangan A Senayan, Jakarta, Jumat.

Latihan menjelang pertandingan hidup mati ini diikuti 23 pemain. Hanya saja, ada dua pemain yang harus menjalani latihan terpisah yaitu Egy Maulana dan Rivaldo Ferre. Kedua pemain kunci saat menghadapi Uni Emirat Arab ini dinilai kondisi belum maksimal.

Meski demikian, latihan untuk pemain tetap seperti biasa. Pelatih Indra Sjafri membagi latihan dalam beberapa fase mulai dari pemanasan hingga melakukan strategi meski tanpa dua pemain pilar yang masih latihan terpisah. Beberapa skema permainan juga diaplikasinya meski belum dilakukan dengan detail.

Antisipasi bola atas dan bawah juga menjadi menu latihan Witan Sulaeman dan kawan-kawan. Tak segan pelatih asal Sumatera Barat menghentikan latihan jika pemain tidak menjalani instruksi dengan baik. Latihan yang sama bahkan beberapa kali diulang.

“Latihan hari ini persiapan kami melawan Jepang. Kita sudah siapkan plan, tinggal konsentrasi untuk pertandingan nanti,” kata Indra Sjafri menjelaskan.

Pelatih berdarah Minang itu menegaskan jika lawan yang dihadapi memiliki kemampuan yang merata. Untuk itu pihaknya tidak akan menginstruksikan pemain secara khusus mengawal satu pemaijn. Namun, pihaknya meminta pemain mewaspadai semua kemampuan calon.

“Saya tidak mewaspadai satu pemain, yang main bola itu 11 pemain. Jadi 11 pemain Jepang kami antisipasi,” kata Indra mengaskan.

Terkait Nurhidayat yang bakal absen saat menghadapi Jepang, Indra mengaku tidak mempermasalahkan kondisi tersebut karena pemain yang dibawa ke Piala AFC U-19 ini memiliki kemampuan yang sama. Khusus untuk posisi Nurhidayat, ada tiga pemain yang telah disiapkan. 

Baca juga: Tujuh slot perempat final Piala Asia U-19 terisi
Baca juga: Laga perempat final Indonesia-Jepang digelar di GBK
Baca juga: Pelatih Jepang U-19: tim akan bekerja lebih keras

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2018