Press "Enter" to skip to content

6 Race, 5 Pemenang Berbeda… MotoGP Belum Pernah Sesengit Ini!

Jakarta

MotoGP 2020 sudah selesai enam race, menghadirkan keseruan luar biasa sampai-sampai ada lima pemenang berbeda. Belum pernah persaingan sesengit ini!

MotoGP San Marino 2020 menjadi seri teranyar yang menghadirkan beragam keseruan itu. Segala macam drama pun hadir di lintasan Misano World Circuit Marco Simoncelli.

Sebut saja nasib Fabio Quartararo, yang sebelum balapan itu menjadi pemuncak klasemen sementara. Sempat bersaing di depan, ia kemudian malah gagal menuntaskan balapan (DNF) setelah dua kali jatuh.

Lalu ada pula nasib Valentino Rossi. Rider kawakan itu sempat bersaing di posisi kedua di belakang Franco Morbidelli, lalu disalip Francesco Bagnaia sehingga turun ke posisi tiga. Eh, 2 km jelang garis finis, Rossi kehilangan peluang naik podium lantaran diasapi Joan Mir! Valentino Rossi akhirnya harus puas finis di urutan keempat MotoGP San Marino 2020.

Laju Francesco Bagnaia, yang finis kedua, juga punya kisah tersendiri. Bukan apa-apa, ia baru saja menjalani operasi patah tulang kaki setelah kecelakaan di MotoGP Republik Ceko 2020 sehingga absen di dua balapan, Austria dan Styria. Ia bahkan masih terpincang-pincang!

Selain itu, keberhasilan Franco Morbidelli memenangi MotoGP San Marino 2020 juga menghadirkan catatan istimewa karena itulah kali pertama ia naik podium teratas kelas primer sejak tampil di 2018.

Morbidelli turut bikin enam race MotoGP 2020 sejauh ini sudah menghadirkan lima pemenang berbeda. Sebelumnya ada Quartararo (dua kali menang), Brad Binder, Andrea Dovizioso, dan Miguel Oliveira.

Bahkan, dari kelima nama rider tersebut, cuma Andrea Doviziso yang sudah pernah naik podium teratas sebelum MotoGP 2020. Dengan kata lain, dari enam race musim ini telah ada empat rider yang mampu meraih kemenangan perdananya di kelas primer. Menurut MotoGP.com, baru kali ini hal semacam itu terjadi semenjak 1949 alias musim pertama kejuaraan balap motor grand prix.

Satu catatan lagi yang bisa menegaskan betapa MotoGP 2020 sudah berjalan amat sengit dan sukar ditebak juara dunianya nanti: cuma ada rentang 23 poin di antara rider sembilan besar di klasemen sementara. Makin penasaran, kan, dengan race MotoGP Emilia Romagna 2020 akhir pekan ini?

(krs/bay)